Peribahasa Jepang :
Sebuah kata santun dapat menghangatkan tiga bulan musim dingin
Berkomunikasi merupakan kegiatan rutin manusia sejak mereka dilahirkan. Mulai dari tangisan sang bayi yang menyampaikan pesan berisi kebutuhan psikologis dan fisiologisnya, sampai dengan pesan berisi kebutuhan komplementer orang dewasa saat ini. Semuanya tidak terlepas dari proses penyampaian dan penerimaan pesan yang disebut sebagai komunikasi ini.
Buku-buku manajemen di dunia kerap menempatkan komunikasi di urutan teratas sebagai bagian dari kinerja perusahaan untuk mencapai sukses ! Kesuksesan menurut buku-buku bisnis itu ternyata sangat dipengaruhi oleh cara pelaku bisnis berkomunikasi dengan calon / para pelanggan mereka. Disini, yang lebih ditekankan adalah 'cara' (konteks) atau bagaimana komunikasi itu dilakukan, bukan pada apa (konten/isi) yang disampaikan. Artinya, bahasa verbal tidaklah terlalu berpengaruh dibandingkan dengan bahasa non-verbal yang lebih menekankan 'cara' atau 'gaya' sebuah komunikasi dilakukan.
Di sisi lain, untuk menggambarkan betapa komunikasi itu sangat penting dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang, ada sebuah hasil penelitian yang dipaparkan dalam Finacial Planning Conference di Singapura dengan hasil yang menakjubkan.
Hasil tersebut menempatkan sumber daya manusia dan komunikasi di urutan teratas dengan skor tertinggi 3,7 (skala 4), diikuti dengan rekomendasi dari klien ke orang lain (3,6), latar belakang pendidikan (3,3), memiliki ijin/lisensi lanjutan (3,2), melanjutkan pendidikan (3,1) dan diakhiri yang terendah oleh spesialisasi (2,8). Hal ini sungguh menggambarkan betapa komunikasi sangat memengaruhi kesuksesan seseorang. Dengan kata lain, komunikasi menjadi alat pertama dan utama untuk meninggikan posisi seseorang.
Mengingat betapa pentingnya peran komunikasi dalam kesuksesan seseorang, secara singkat untuk edisi perdana dalam situs ini, dapat dikatakan bahwa ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memberhasilkan komunikasi dengan orang lain.
Faktor-faktor itu adalah: pemahaman terhadap tujuan komunikasi, tipe dan gaya komunikator dan komunikan, ruang dan waktu.
Dengan memahami bahwa setiap orang adalah unik adanya dalam hal komunikasi karena memiliki tipe dan gaya sendiri-sendiri, kita akan menjadi pemberi kesan mendalam kepada setiap orang dalam rentang waktu yang relatif lebih lama. Dengan demikian,peribahasa Jepang yang tercantum di bagian awal tulisan ini akan terwujud. Selamat berkomunikasi sesuai tipe dan gaya seseorang!
Faktor-faktor itu adalah: pemahaman terhadap tujuan komunikasi, tipe dan gaya komunikator dan komunikan, ruang dan waktu.
Dengan memahami bahwa setiap orang adalah unik adanya dalam hal komunikasi karena memiliki tipe dan gaya sendiri-sendiri, kita akan menjadi pemberi kesan mendalam kepada setiap orang dalam rentang waktu yang relatif lebih lama. Dengan demikian,peribahasa Jepang yang tercantum di bagian awal tulisan ini akan terwujud. Selamat berkomunikasi sesuai tipe dan gaya seseorang!
Penulis : Ponijan Liaw
---------------------------------------
Untuk referensi lebih lanjut, silahkan baca 2 buku penulis lainnya tentang komunikasi:
1. The Art of Communication that Works - Komunikasi yang Berhasil
2. Understanding Your Communication Styles - Memahami Gaya Komunikasi Anda
Penulis dapat dihubungi di: ponijan@central.net.id
===================
Produk-produk CNI telah terkenal sebagai produk-produk bermutu tinggi baik dari segi manfaat maupun kualitasnya. Sebagai bukti komitmen CNI pada kualitas, CNI telah memiliki sistem Jaminan Kepuasan Konsumen (JKK).
Produk CNI adalah “Produk Kualitas Menengah Atas, Harga Menengah Bawah”Untuk info & Pemesanan :
HUB : MUHAMAD IPANGO
Telp / Hp : 021-7816369 / 081523639145