Sejarah CNI




CNI didirikan pada bulan Oktober 1986, di Bandung, dengan nama awal PT Nusantara Sun-Chlorella Tama (NSCT). Dengan menerapkan sistem Direct Selling-Multi Level Marketing (MLM), NSCT pada awalnya hanya memasarkan satu jenis produk impor dari Jepang, yaitu Sun Chlorella A. Saat itu, tantangan begitu berat, di mana salah satunya karena sistem MLM belum banyak dikenal masyarakat. Namun demikian, berkat keyakinan yang tinggi akan prospek cerah bisnis MLM, komitmen dan semangat yang tinggi, serta dukungan dari para mitra usaha, NSCT tetap bisa bertumbuh.



Tahun 1987, kantor pusat dipindahkan ke Jakarta, guna mengantisipasi perkembangannya yang semakin baik. Mulanya, NSCT berkantor pusat di Komplek Duta Merlin Blok A No. 13-14, Jl. Gajahmada No. 3-5, Jakarta Pusat. Lalu, pada tahun 1989, pindah lagi ke Jl. K.H. Hasyim Ashari No. 9, Jakarta Pusat. Melihat perkembangan yang begitu pesat, sekaligus sebagai antisipasi perkembangan di masa mendatang, pada tahun 1991, NSCT memindahkan kantor pusatnya ke Prisma Kedoya Plaza, Blok A 9-11, Jl. Kedoya Raya (Pejuangan), Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dari sini, kemajuan demi kemajuan usaha yang membanggakan diraih CNI bersama para mitra usahanya.

Seiring dengan peningkatan usaha, serta bertambahnya jenis produk yang dipasarkan, maka di tahun 1992, NSCT diubah menjadi PT Centranusa Insancemerlang atau CNI (Creative Network International). Prestasi demi prestasi spektakuler terukir indah dalam perjalanan CNI selanjutnya.

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, di masa krisis berkepanjangan pun, CNI tetap mampu bertumbuh. Semua keberhasilan yang diraih CNI tak bisa dilepaskan dari komitmen yang tinggi untuk senantiasa mengembangkan produk-produk berkualitas, juga menyempurnakan Rencana Pengembangan Usaha (marketing plan) dan pelayanan kepada konsumen, seiring penambahan jumlah kantor Cabang/Centre/Stockist/Point Operator/Stock Operator CNI, serta dukungan dari para mitra-mitra usaha CNI di seluruh Indonesia.




Di awal tahun 2000, CNI mewujudkan komitmennya dalam memberikan pelayanan yang prima, serta mendukung kualitas SDM dan kesejahteraan anggota Keluarga Besar CNI, dengan memiliki kantor pusat yang baru, Graha CNI. Gedung berlantai 10 dan berlokasi di Komplek Green Garden Blok A8 No. 1, di Jalan Arteri Kedoya, Jakarta Barat ini, dilengkapi dengan sarana canggih dan modern. Ini juga merupakan salah satu langkah dalam menyukseskan Visi 2006 CNI, yang sebagian telah terealisasi. Keberhasilan demi keberhasilan yang dicapai CNI bersama mitra usahanya merupakan salah satu bukti nyata bahwa usaha CNI telah menjadi ajang pemberdayaan SDM yang efektif di Indonesia.

Setiap orang bisa bergabung bersama CNI untuk meraih keberhasilan hidup yang lebih luar biasa, baik dari segi materi, kesehatan, maupun kepribadian yang positif. Oleh karena itu, sesuai dengan filosofi: CNI lebih dari sekadar bisnis, CNI selalu melaksanakan program-program pendidikan dan pelatihan secara rutin dan intensif yang mengembangkan kemampuan para mitra usaha CNI dalam menjalankan usaha mandirinya. Di antaranya melalui Seminar Pengembangan Usaha CNI maupun pelatihan-pelatihan yang diadakan di POS/SO CNI. Di samping itu, CNI juga mengadakan program pelatihan khusus untuk mitra kerja/karyawan CNI secara berkesinambungan, guna meningkatkan kualitas SDM.

Juga, seiring perkembangannya yang membanggakan, CNI telah dan akan terus memberikan komitmen kepedulian sosialnya. Melalui Yayasan CNI, Keluarga Besar CNI akan selalu menjalankan aksi-aksi sosial, seperti: bazar sembako, khitanan massal, memberikan sumbangan kepada panti-panti asuhan dan panti jompo, donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, mendukung Lembaga GN-OTA melalui program Beasiswa 2006 CNI bagi pelajar SD-SMU putra-putri distributor dan karyawan CNI, menyumbang pembangunan tempat-tempat ibadah, menjalankan program CNI Bina Desa (sejak 1996, membangun desa Cileuksa Bogor), serta meluncurkan Iklan Layanan Masyarakat melalui Program Komunikasi Korporat, dll.




Memasuki abad 21, CNI mencanangkan slogan: "Bersama CNI, Cemerlang di Abad 21", guna mewujudkan Visi 2006 CNI. Komitmen tinggi CNI untuk berperan dalam menyejahterakan keluarga-keluarga di negeri tercinta ini, mulai direalisasikan di antaranya dengan pemindahan segenap aktivitas Kantor Pusat ke Graha CNI, mengantisipasi Masalah Komputer Tahun 2000 (Y2K), penyempurnaan Rencana Pengembangan Usaha sesuai perkembangan zaman, dsb. Dengan Rencana Pengembangan Usaha yang transparan dan andal, SDM berkualitas, serta visi, misi dan falsafah yang luhur, Keluarga Besar CNI menggalang kebersamaan untuk memenangkan persaingan di abad 21.