Selasa, 06 Januari 2009

Keheningan


Keheningan dalam sebuah keramaian adalah sebuah gambaran keringnya sebuah rasa. Ternyata kesuksesan tidak selamanya membuat orang merasakan kebahagiaan. Ia akan senantiasa menjadi jiwa-jiwa nan kering di tengah kesuksesannya. Lantas mengapa kita menjadi hening dalam sebuah keramaian? Mengapa kita menjadi kosong sementara persepsi mereka tentang kita mencakup enam suku kata “S-U-K-S-E-S.”


Kalau sudah begitu apakah ini yang sebenarnya kesuksesan sebenarnya? Apakah ini kesuksesan sebenarnya yang kita mau?


Pada kenyataannya setiap kesuksesan pada setiap orang mempunyai standar sendiri-sendiri. Seorang ibu yang kekurangan, bisa menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi adalah sebuah kesuksesan tersendiri bagi dirinya. Sebab memang itu adalah impian dan tujuan hidupnya. Tetapi hal itu mungkin berbeda dengan seorang yang sudah memiliki kemapanan dari materi.


Di sisi lain seorang pelaku MLM, mungkin akan merasakan kesuksesan apabila bisa mendapatkan sebuah posisi leader dalam bisnisnya dan mendapatkan mobil mewah idamannya. Sedangkan bagi seorang guru, kesuksesan terbesar adalah ketika melihat murid-muridnya sudah berhasil dan menjadi orang besar.


Kalau sudah begini apa makna sebuah kesuksesan sebenarnya?
Pertanyaan ini mungkin menjadi sebuah tersendiri bagi kita ketika mengalami sebuah titik kehidupan. Sesungguhnya makna kesuksesan itu terletak pada tujuan mencapai kesuksesan tersebut, bukanlah hasil yang kita inginkan. Jadi bila kita saat ini tidak merasakan sesuatu yang membuat kita lebih bergairah dalam kehidupan disebabkan oleh satu hal. Dan hal itu adalah kita merasa senang dengan hasil.


Kesenangan terhadap hasil bersifat sementara dan semu. Mengapa semu? Sebab kesenangan karena hasil adalah kesenangan yang terjadi pada saat memenangkan sesuatu saja, tidak ada unsur syukur didalamnya. Kesenangan tersebut bertahan beberapa saat hingga akhirnya ia melakukan sesuatu yang lebih besar terhadap kemenangan itu. Dari sinilah terlihat seseorang akan terus mengalami kejenuhan terhadap sesuatu kemenangan yang diraihnya. Hingga pada satu titik kejenuhan melanda dalam hidupnya dan semuanya merasa hening dan kosong ketika orang menganggap kita adalah orang sukses. Jadi kalau sudah begini makna sukses seperti apa yang sebenarnya baik.


Dalam hidup makna kesuksesan sebenarnya terletak dari rasa syukur anda menjalani proses tersebut. Kebanyakan dari kita tidak yang awam dan silau melihat kesuksesan, melihat kesuksesan dari segi hasil saja, bukan dari pencapaian. Padahal sejatinya kesuksesan, adalah bagian tidak terpisahkan yang membentuk karakter. Proses juga yang mematangkan dan mendewasakan seseorang dalam memandang hidup sehingga pada satu titik ia bisa menjadi seorang yang bijaksana. Jadi indikator kesuksesan sebenarnya bukanlah pada hasil yang selama orang bicarakan, sebab hasil adalah akibat, sedangkan setiap orang yang berhasil dan sukses akan selalu menghargai sebab.

Salam Inspirasi



Irawan Senda